Travel and Lifestyle by Diana Putri Maharani

,

Kumpulan Lagu untuk Membangkitkan Semangat


Haha! Artikel kali ini agak random ya? Maklum ye, lagi gak bisa traveling, lagi males juga nulis artikel tentang traveling, jadi kali ini mau bikin artikel tentang kumpulan lagu aja. Asli, lama banget aku gak bikin artikel kumpulan lagu macam begini yes. Kumpulan lagu yang akan aku bahas kali ini isinya yang membangkitkan semangat. Maklumin ya, hayati mendekati masa quarter life crisis atau jangan-jangan sekarang lagi quarter life crisis ya? Hahaha. Jadi sekarang aku lagi hobi banget dengerin lagu-lagu yang bisa membangun semangat. Biar gak loyo menjalani hari-hari. Kumpulan lagu ini mungkin juga cocok buat kamu. Di tengah masa pandemi yang entah kapan berakhir ini, di tengah ketidakpastian pekerjaan atau bahkan udah gak ada pekerjaan, di tengah semakin menipisnya tabungan atau potongan gaji padahal lagi banyak cicilan, ya untuk semuanya yang kondisinya sedang tidak menyenangkan, percayalah kamu tidak sendiri dan semoga kumpulan lagu-lagu yang biasanya bikin aku semangat ini bisa membantu kamu buat bangkit lagi.

Oh ya, seperti biasa ya, kalo kalian punya lagu-lagu lainnya yang bisa bikin kalian semangat, kalian bisa tulis di kolom komentar. Kita bagiin positive vibes bareng-bareng yuk! Kita langsung ke lagu pertama:

1. Naomi Scoot - Speechless
"Try to lock me in this cage. I won't just lay me down and die. I will take these broken wings and watch me burn across the sky...... Cause I'll breathe when they try to suffocate me. Don't you underestimate me, cause I know that I won't go speechless."
Siapa yang gak tau lagu satu ini? Buat kalian yang udah nonton film Aladdin. Lagu ini muncul ketika adegan Jasmine berontak karena dia gak pernah diberi kesempatan untuk menyuarakan suaranya. Akhirnya keluarlah lagu ini sebagai bentuk perasaan Jasmine dan menurutku ini adalah salah satu lagu yang mungkin menggambarkan perasaan kita semua. Perasaan dimana kita harus diam dan tidak bisa memilih apa yang sebenarnya kita inginkan dan kita suarakan. I know how it feel guys! Karena aku juga pernah berada di posisi kalian.

Lagu ini menggambarkan kalo kita udah muak dengan semuanya. Meskipun banyak yang mencoba menghancurkan/menjatuhkan/menggagalkan kita, dengan tenaga yang tersisa, kita pun tetep berjuang dan akan membuktikan bahwa kita mampu menjadi apa yang kita mau. Karena apapun yang akan menghalangi, kita gak mau cuma diem aja, gak ada yang bisa meremehkan kita.

2. Alphaville - Forever Young
 "Hoping for the best but expecting the worst, are you gonna drop the bomb or not?...... So many adventures couldn't happen today. So many songs we forgot to play. So many dreams swinging out of the blue. We let them come true." 
Ini memang lagu lama banget yang mungkin musik seperti ini udah jarang kita denger di jaman saat ini. Kenapa lagu ini aku pilih, karena aku sering banget ngerasain seperti yang dilagu ini. Ketika kita sudah melakukan semaksimal mungkin yang kita bisa, tapi kita belum tau jawaban atas perjuangan kita. Sambil menunggu jawaban itu, di kepala kita pasti isinya aneh-aneh. Tak dipungkiri pasti rasa pesimis itu ada. Perasaan bahwa kita gagal, walaupun sebenernya kita berharap hasil yang terbaik. Tapi entah kenapa rasa kegagalan itu selalu muncul.

Lagu ini juga mengingatkanku, kalo kita gak boleh terpaku pada satu hal. Karena masih banyak hal-hal lain yang bisa kita lakukan seperti mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan mimpi kita. Jadi, daripada terpaku memikirkan hal yang sudah lewat, lebih baik kita mewujudkan mimpi kita.

3. Ran Feat Yura Yunita - Melawan Dunia
"Mungkin berat tapi kutau apa yang kita jalani, sulit mereka pahami. Namun ku yakin ada jalan untuk kita bersama. Asalkan kita berani, mencinta sepenuh hati. Meski seakan aku dan kamu melawan dunia."

Lagu ini terinspirasi dari bayi Adam Fabumi. Kalo mau tau ceritanya, kalian bisa cari di Google. Hal terpenting dari lagu ini mengigatkan pada kita kalo orang lain belum tentu paham dengan apa yang kita alami. Jadi, gak usah terlalu terpaku dengan omongan orang, karena ini hidup kita. Seberat apapun itu, kita harus berani melangkah meskipun hal itu mustahil. Kalo kita belum mencoba kita gak akan pernah tau hasilnya kan? Yang penting kita berusaha, hasilnya biar nanti Tuhan yang mengatur.

4.  Bondan Prakoso Feat Fade2Black - Ya Sudahlah
"Ketika mimpimu yang begitu indah, tak pernah terwujud ya sudahlah. Saat kau berlari mengejar anganmu, dan tak pernah sampai ya sudahlah. Apapun yang terjadi ku kan slalu ada untukmu. Janganlah kau bersedih, cause everything's gonna be ok."
Aku biasanya memutar lagu ini kalo aku lagi di fase pasrah yang sepasrah-pasrahnya. Jadi biasanya kalo aku udah melakukan suatu hal dan aku gak tau hasilnya bagaimana, daripada aku mikir aneh-aneh biasanya aku nyanyi ini. Ya sudahlah, bener-bener ya sudahlah. Karena dari segala hal kemungkinan, pasti ada beberapa kesempatan kita jatuh tanpa harapan. Daripada aku depresi, jadi aku bilang ke diri sendiri, ya sudahlah. Nobody's perfect begitu pula aku. Lagipula mau bagaimanapun, pasti masih ada orang-orang yang selalu mendukungku dan apabila aku gagal, itu pun bukan hal yang bisa menjatuhkanku. Seperti kata liriknya, apapun yang terjadi, everything's gonna be ok. Jadi gak ada yang perlu kita khawatirkan.

5. Grezia Epiphania, Jason, Agnes Chen - Walau Ku Tak Dapat Melihat
"Walau ku tak dapat melihat semua rencanaMu Tuhan, namun hatiku tetap memandang padaMu, kau tuntun langkahku. Walau ku tak dapat berharap atas kenyataan hidupku, namun hatiku tetap memandang padaMu, kau ada untukku."
Ini memang lagu rohani untuk agama Kristiani sih. Cuma aku suka liriknya aja, seperti bener-bener masuk banget ke kehidupan. Siapa sih yang bisa tau rencana Tuhan terhadap kita itu seperti apa? Meskipun kita berdoa, meminta, dan berusaha, tapi apabila hal yang kita minta dan kita kejar itu bukan milik kita, ya gak akan pernah kita dapatkan. Begitu pula sebaliknya. Rencana Tuhan memang gak ada yang tau. Meskipun begitu, kita gak boleh menyerah. Meskipun kita gak tau apa yang akan terjadi kedepannya, tapi Tuhan selalu menuntun kita. Menunjukkan ke arah yang terbaik untuk kita. Pernah denger pepatah seperti ini God answers in 3 ways: He says yes and give you what you want, He says no and gives you something better, and He says wait and gives you the best. Percayalah apapun yang sedang Tuhan berikan kepada kita itu adalah hal yang paling baik saat ini untuk kita.

6. Alessia Cara - How Far I'll Go
"But the voice inside sings a different song, what is wrong with me? See the line where the sky meets the sea? It calls me. And no one knows, how far it goes. If the wind in my sail on the sea stays behind me. One day I'll know, how far I'll go."
Ada yang pernah nonton film Moana? Si gadis kecil yang dipaksa untuk menjadi kepala suku didesanya sedangkan yang ia inginkan adalah berlayar dan mengarungi lautan? Mungkin beberapa dari kita punya kisah yang sama seperti Moana. Kita ingin A, tapi orang tua ingin kita menjadi yang lain. Semakin kita mencoba untuk menghindari mimpi kita, semakin kuat ia menarik kita untuk menggapainya. Walaupun kita gak tau, kalo kita mengikuti mimpi kita apa yang akan terjadi kedepannya dan akan seberapa jauh kita bisa bertahan atau terus berjalan. Tapi setidaknya kalo kita mencoba menembusnya, selagi semesta mendukung, kita akan tau seberapa jauh kita akan melangkah.

7.  Ziv Zaifman dkk - A Million Dreams
"They can say, they can say it all sounds crazy. They can say, they can say I've lost my mind. I don't care, I don't care so call me crazy. We can live in a world that we design. Cause every night I lie in bed the brightest colors fill my head a million dreams are keeping me awake."
Favorit banget buat lagu dari soundtrack The Greatest Showman ini. Kadang ketika kita memiliki ide, orang-orang akan bilang itu mustahil, mereka akan bilang kita gila. Gak akan ada yang percaya kalo kita bisa melakukannya. Tapi justru mimpi-mimpi itulah yang membuat kita tetap hidup hingga sekarang. Mimpi-mimpi itulah yang memberikan kita semangat untuk menjalani hari-hari meskipun kita tengah ditolak oleh siapapun dan dimanapun.

Lagu ini mengajarkan kepada kita bahwa kita berhak menggambar cerita kita sendiri seperti apa yang kita mau. Kita dapat hidup seperti apa yang kita mau. Bukan seperti yang orang lain mau dan gak peduli apa kata orang. Ini mimpi kita, ini hidup kita.

8. Miley Cyrus - The Climb
"There's always gonna be another mountain. I'm always gonna wanna make it move. Always gonna be an uphill battle. Sometimes I'm gonna have to lose. Ain't about how fast I get there. Ain't about what's waiting on the other side. It's the climb."
Salah satu lagu lawas dari Miley Cyrus yang menurutku masih ngena banget nih. Dari keseluruhan liriknya lagu ini menceritakan bagaimana ia sudah hampir dekat dengan mimpinya namun tetap saja ada saja yang menghalanginya untuk menggapai mimpinya. Mau sekuat apapun rintangan itu, lagu ini mengajarkan kepada kita untuk tidak menyerah. Karena masih ada banyak jalan untuk menuju mimpi kita dan kita harus tetap bergerak untuk mencapai mimpi tersebut. Lagu ini juga bilang bukan tentang seberapa cepat kita menggapai mimpi itu, kita harus menikmati setiap prosesnya. Karena itulah yang dinamakan pendakian menuju mimpi-mimpi kita.

9. Jessie J - Masterpiece
"I'm not gonna stop, I like the view from the top...... I still fall on my face sometimes and I can't colour inside the lines.... No, you haven't seen the best of me. I'm still working on my masterpiece."
Ini lagu dimana menggambarkan kehidupan nyata banget. Ketika kita berjuang tapi kita dicaci maki, kita pun gak akan gentar meskipun kadang cacian itu bikin kita takut juga, bikin kita menyerah. Tapi kita tetep harus inget tujuan yang ingin kita capai. Jessie J menggambarkan kalo keinginan itu adalah ia suka ngeliat pemandangan dari 'atas', jadi dia gak ada berhenti dan menyerah dan ia mengakui kalo memang terkadang kita masih jatuh, kita gak sempurna, kita juga sempet hilang arah dan mungkin cacian orang-orang itu benar bahwa kita gak mampu. Tapi orang-orang belum melihat versi terbaik dari kita, bahwa kita sedang mengerjakan mimpi kita. Mungkin sekarang kondisi kita terlihat buruk, tapi sebenernya kita sedang berjuang untuk menuju impian kita.

10. Jessie J - Flashlight
"And in the dark I found, I lost hope that I won't fly and I sing along... I got all I need when I got you and I. I look around me, and see a sweet life. I'm stuck in the dark but you're my flashlight. You're getting me, getting me through the night."
Masih di lagu Jessie J, lagu terakhir untuk artikel ini adalah soundtrack dari film Pitch Perfect. Dimana lagu ini menggambarkan kita memang gak bisa sendiri. Ketika kita jatuh dan menyerah, kita pasti membutuhkan sesosok yang mampu untuk menyemangati kita. Merekalah yang menyadarkan kepada kita untuk terus berjuang, mereka yang menyadarkan kita bahwa kita tidak sendiri. Mereka yang menyadarkan kita bahwa disekeliling kita masih ada kehidupan yang indah, jadi kita gak perlu takut karena ketika apapun yang terjadi kepada kita, kita memang gak akan pernah sendiri. Meskipun gak ada sesosok manusia pun, Tuhan masih bersama kita untuk terus membantu dan membimbing kita.

Sebenernya, masih ada banyak banget lagu-lagu yang memiliki positive vibes yang bisa membangkitkan semangat kita yang sedang jatuh atau terpuruk. Ada banyak banget lagu-lagu yang belum aku masukan di sini, tapi memang kesepuluh lagu ini yang biasanya aku denger kalo aku lagi down untuk mengingatkan aku bahwa aku gak sendiri dan aku harus berjuang untuk terus menggapai apa yang memang udah aku rancang untuk masa depanku. Ya meskipun aku gak tau apakah itu nanti akan berhasil atau tidak, tapi aku percaya bahwa Tuhan akan selalu membimbing dan memberikan apapun yang terbaik buat kita. Dan apabila apa yang menjadi keinginanku gak terwujud, masih ada hal-hal lain yang bisa aku kerjakan, yang bisa membangun diriku, personalityku, kualitasku.

Kita sebagai manusia memang selalu dan gak pernah berhenti belajar. Beberapa kali kegagalan bukan berarti kita gagal sebagai manusia. Kita hanya perlu mengevaluasi, belajar dari kesalahan sebelumnya, merancang strategi ke depan dan tetap bergerak. Apapun yang terjadi, kita harus menjadi versi terbaik dari diri kita dan bermanfaat setidaknya untuk diri kita sendiri jadinya kita tidak merepotkan orang lain.

Kalo di atas tadi adalah lagu-lagu penyemangat versi aku, kalo versi kalian apa nih? Ada yang lain? Yuk sharing!

Share:

1 comment:

  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217 :-* (f)

    ReplyDelete