Travel and Lifestyle by Diana Putri Maharani

,

Macam-macam Pass atau Tiket Transportasi di Jepang

Jepang itu memang ngangenin yaa. Buktinya meskipun udah setahun yang lalu gue pergi ke Jepang, tapi gue tetep aja semangat buat bahas Jepang hahahaha. Tapi tumben loh gue mau bahas sesuatu yang sudah lampau, biasanya gue adalah tipe anak yang kalo udah dulu yaudah sih biarin aja, we need to keep moving on wkwkwkwk. Tapi karena banyak banget yang konsultasi masalah Jepang, terutama masalah transportasinya yang super ribet dan sekaligus menyambung apa yang sudah gue janjiin di vlog gue (btw, gue punya vlog sekarang. Udah pada subscribe belum? Kalo belum jangan lupa subscribe ya biar gue punya duit buat jalan-jalan. Trus bisa berbagi juga sama kalian wkwkwk). Oh ya sebelumnya kalo mau nonton video gue tentang tips liburan hemat di Jepang kalian bisa klik DISINI. Karena gue udah janjiin mau share tentang macam-macam pass atau tiket transportasi di Jepang biar kalian bisa meminimalisir pengeluaran selama di Jepang, jadi terbitlah artikel ini wkwkwk. Yaudah, langsung aja deh ya gue jabarin macam-macam pass atau tiket transportasi di Jepang. Jangan puyeng dulu ya.

1. OSAKA AMAZING PASS

Ahhhh, ini Pass favorit gue bangeeettttt!!!
Osaka Amazing Pass ini adalah kartu transportasi sakti buat jalan-jalan di dalam kota Osaka dengan menggunakan transportasi newtram, bus, dan subway nya. Kartu ini ada dua jenis, yang satunya itu cuma buat satu hari dengan harganya sekarang 2.500 yen, dan yang dua hari sekarang harganya 3.300 yen. Gue dulu beli di Kansai Airport. Tapi kalian juga bisa beli kartu ini di Tourist Information di Namba atau Osaka, di stasiun Shinsaibashi, Kansai Information Center yang di Kyoto Tower, dan beberapa tempat lainnya yang bisa kalian cek di website resminya OAP ini ya. Takutnya kan udah pindah gitu tempat belinya hehehe. Keuntungannya beli pass ini adalah selain mencover hampir semua transportasi yang ada di dalam kota Osaka (untuk map transportasi yang di cover, download di website nya yaa), kalian juga bisa masuk ke beberapa objek wisata secara GRATISSS !!!! Gue demen nih sama yang gratisan kayak gini wkwkwk. Contohnya nih kita bisa masuk secara gratis ke Osaka Castle, Rooftop nya Umeda Sky Building yang mahal banget, naik Hep Five Ferris Wheel, ngerasain mandi di onsen gratis, dan masih banyak lagi keuntungan yang kalian dapet kalo beli ini. Pokoknya kalo itinerary kalian terutama tempat wisata yang mau dituju itu harus bayar, coba liat deh mereka mengadakan kerja sama sama OAP apa gak. Kalo iya, gue saranin beli OAP aja. Selain gak usah pusing mikirin duit buat beli tiket transportasi, kalian gak perlu pusing juga harus mikirin duit buat tiket masuk tempat wisata keinginan kalian. Kalo gue dulu sih hampir 100% tempat yang gue tuju dicover sama OAP ini, jadi gue tinggal tap-tap aja gak perlu ngeluarin duit lagi. Bahagia banget gak sih bisa hemat hampir 500ribu rupiah wkwkwk.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

2. OSAKA ONE DAY PASS
Kalo yang ini beda ya sama Osaka Amazing Pass. Ini namanya Osaka One Day Pass, harganya 800 yen. Gak tau deh udah naik apa belum harganya. Pass ini bisa mengcover subway dan metro yang ada di dalam kota Osaka aja. Bedanya sama OAP, kalo kalian beli ini, kalian gak bisa masuk tempat-tempat kayak Osaka Castle dll nya secara gratis, alias harus bayar lagi. Pass ini cuma gratis buat transportasinya aja. Jadi, kalo itinerary atau tempat tujuan kalian gak di cover sama OAP, tapi jalur transportasinya di cover sama kartu ini, kalian mending pilih kartu ini aja karena lebih hemat beli ini dibandingkan harus beli OAP. Itu semua tergantung itinerary kalian sih, dan tergantung murah yang mana hahaha. Pokoknya harus pinter-pinter bandingin lah.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

3. KANSAI THRU PASS
Sebelum menjelaskan kartu ini, kalian harus ngerti dulu, daerah Kansai itu mana aja. Bukan Kansai Airport doang loh yaa. Daerah Kansai itu meliputi Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Kobe, dan Wakayama. Nah, kalo kalian pengen ke kota-kota di Kansai, kalian bisa pake Kansai Thru Pass. Kartu ini ada dua jenis yaitu yang 2 days seharga 4.000 yen dan yang 3 days seharga 5.200 yen. Kartu ini bisa dipake buat naik train, subways, sama bus yang ada di Kansai. Tapi kecuali JR yaa. Menurutku harganya termasuk murah loh, soalnya kita bisa berpindah-pindah kota pake kartu ini aja. Tapi emang cuma bisa maksimal 3 hari sih. Jadi, kalian harus pindah-pindah tempat dalam waktu 3 hari hahahaaha.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

4. JR KANSAI WIDE PASS

Kalo yang ini meskipun namanya ada kansai nya, tapi fungsinya beda sama Kansai Thru Pass. Bedanya adalah, kalo si Kansai Thru Pass gak bisa buat naik kereta JR, kalo yang ini justru khusus untuk JR di daerah Kansai. Enaknya naik JR sih kalian bisa naik Shinkansen, si kereta cepat yang emang terkenal dari Jepang itu. Cuma gak enaknya beli kartu ini, kalian cuma bisa naik kereta JR aja, sedangkan untuk line kereta lainnya kalian harus beli tiket sendiri. Harganya sih 9.000 yen/5 hari.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

5. KINTETSU RAIL PASS

Dari nama aja, Kintetsu Rail Pass ini jelas cuma bisa digunakan untuk Kintetsu Line dan Iga Tetsudo Line. Kartu ini bisa dipake di kota Osaka, Kyoto, Nara, bahkan sampai Nagoya TAPIII cuma bisa naik kereta Kintetsu Rail sama Iga Tetsudo Line aja. Buat map nya bisa liat sendiri ya di websitenya. Harganya sih cukup murah menurutku yaitu 3.800 yen/5 hari. Tapi gak enaknya pass ini adalah gak semua kereta bisa di cover dan gak semua tempat wisata dilewati sama jalurnya Kintetsu Line sama Iga Tetsudo Line. Tapi, kalo tempat tujuanmu dilewatin sama Kintetsu Line dan Iga Tetsudo Line, kemudian kamu ingin keliling Osaka, Kyoto, Nara, dan teman-temannya dalam waktu 5 hari, kamu bisa beli pass ini.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

6. KYOTO SIGHTSEEING PASS

Nah, kalo kartu ini cuma bisa di Kyoto aja. Gak bisa di kota lain. Dan sedihnya adalah cuma bisa naik Keihan Line aja, gak bisa naik yang lain. Beberapa tempat wisata yang dilewatin sama Keihan Line ini adalah Gion, Kiyomize-dera Temple, Fushimi-Inari Taisha Shrine, dan Uji Byodoin Temple. Harganya murah sih cuma 600 yen/hari. Tapi gak enaknya, tempat yang dikunjungi ya sebatas yang dilewatin sama Keihan Line aja.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

7. KYOTO OSAKA SIGHTSEEING PASS

Ini masih produknya Keihan Line. Tapi bedanya sama yang tadi, ini bisa dipake sampe Osaka. Ini yang gue beli sewaktu gue ke Jepang. Jadi waktu itu gue emang pengen ke Fushimi Inari, Kiyomizudera sama Gion terus habis itu langsung lanjut ke Osaka. Nah, biar lebih hematnya gue beli kartu ini. Harganya cuma 800 yen/hari dan 1200 yen/2 hari. Lumayan banget kan dalam sehari gue cuma ngeluarin duit sebanyak 800 yen buat ke beberapa tempat di Kyoto terus langsung lanjut ke Osaka lagi. Tapi tetep, ini cuma bisa dipake untuk rute Keihan Line aja ya. Tapi kartu ini cukup hemat kalo kalian punya itinerary yang sama kayak aku.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

8. KYOTO ONE DAY BUS PASS

Ini favorit gue bangeeeetttttt!!! Kartu ini khusus untuk mengendarai bus di kota Kyoto. Bebas mau bus kayak gimana aja, dia bisa ngecover. Mau kalian ke Utara Kyoto, trus lanjut ke Selatan habis itu ke Timur atau ke Barat semuanya bisaaa. Dan tenang aja, bus-bus di Kyoto itu gak kayak di Indonesia yang dateng telat. Bus disana datengnya selalu tepat waktu banget, jadi itinerary kalian gak akan kacau. Untuk rute bus nya kalian bisa cari di websitenya. Harganya murah banget lagi cuma 600yen/hari (harganya naik, dulu gue cuma 500yen doang). Habis itu kartu ini bisa kalian beli di dalam bus. Jadi sewaktu kalian naik bus, langsung aja nanya kartu ini ke sopirnya atau tunjukkin gambarnya. Pasti kalian dikasih dan kalau kalian udah punya kartu ini kalian bebas mau naik bus di Kyoto berapa kali.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

9. KYOTO SUBWAY ONE DAY CARD
Yang ini juga khusus buat kota Kyoto aja. Bedanya, ini cuma buat subway aja. Jadi kalian cuma bisa naik subway tok, gak bisa naik bus, naik JR gitu. Rutenya lumayan bervariasi, sama aja kayak bus. Cuma kemaren aku gak milih beli ini, soalnya pengalaman yang namanya naik bus lebih deket dengan tempat tujuan dibandingkan dengan naik subway. Kalo naik subway deket juga sih, cuma kadang kita masih harus jalan kaki yang lumayan jauh lagi. Harganya sih sama aja kayak bus sehari cuma 600 yen aja. Sekarang tergantung kalian aja. Lebih suka naik bus atau lebih suka naik subway.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

10. KYOTO BUS & SUBWAY PASS
Ini yang terakhir buat di kota Kyoto hahaha. Banyak juga ya... Kalo tadi kan bus ada kartunya sendiri, terus subway ada kartunya sendiri, kalo yang ini subway sama bus dijadiin satu. Jadi dengan kartu ini kalian bisa naik subway sama bus di kota Kyoto sepuasnya. Harganya juga gak terlalu mahal sih, untuk satu hari cuma 900 yen, dan kalo kalian mau beli dua hari harganya 1.700 yen. Tapi kalo menurutku kartu ini cukup boros ya. Karena kalo kalian cuma milih naik subway doang atau naik bus doang lebih hemat dan rute nya juga udah banyak. Tapi ya itu kan menurut gue aja sih. Kalo gue lebih milih beli bus atau subway doang, bukan yang ini hehehe.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

11. TOKYO METRO SUBWAY PASS
Menuju ibu kota Jepang yaitu Tokyo, akan ada banyak pass yang bakalan aku bahas salah satunya adalah Tokyo Metro Subway Pass. Kartu pass ini ada tiga jenis, yang pertama itu yang bisa dipake 24 jam atau sehari dengan harga 800 yen, kalo yang 2 hari harganya 1200 yen, sedangkan yang tiga hari harganya 1500 yen. Ini cocok banget buat kalian yang pengen keliling tokyo dengan naik subway. Segala jenis subway yang ada di Tokyo di cover sama kartu ini. Ini salah satu kartu idola sih, karena penggunaannya cukup banyak terus harganya murah. TAPIIIIIII, kartu ini gak bisa buat naik JR Line atau JR Yamanote Line yaa. Jadi cuma bisa buat subway aja. Kartu ini bisa dibeli di bandara Narita maupun Haneda, bisa juga di Big Camera Store di pusat kota Tokyo. Untuk info lebih lanjut bisa beli dimana dan peta nya, kalian bisa langsung ke website nya yaa.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

12. TOKYO METRO & TOEI SUBWAY PASS
Kalo yang ini khusus tokyo metro sama toei subway aja. Tokyo metro nya pun gak semua yang di cover. Yang gak di cover itu Nakano, Nishi-funabashi, sama Shibuya station. Tetep aja tiket ini gak bisa buat JR yaa. Harganya sehari cuma 900 yen aja.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

13. TOKYO METRO 24-HOUR TICKET
Untuk tiket ini penggunaannya gak terbatas buat 9 jalur Tokyo Metro subway lines, kecuali 4 jalur Toei subway lines sama kereta JR. Untuk harganya sehari cuma 600 yen aja. Kalo mau beli ini bisa dibeli di semua vending machine tokyo metro station. Kalo yang di bandara haneda maupun narita itu yang khusus turis yang harganya 980 yen buat dua hari.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

14. TOEI ONE-DAY PASS
Kalo kalian beli kartu ini, kalian bisa bebas naik keempat jalur Toei Subway lines, bus nya, atau transportasi lainnya. Harganya satu hari cuma 700 yen. Tapi jeleknya, kartu ini gak bisa ngecover 9 jalur tokyo metro subway lines sama kereta JR. Kartu ini dijual di semua vending machine di Toei Station.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

15. TOKYO METROPOLITAN DISTRICT PASS (TOKUNAI PASS)
Ini juga kartu saktu bangeetttt. Kartu ini bisa dipakai di seluruh kereta JR di seputar central Tokyo area. Tapi gak bisa ngecover subway atau kereta lainnya yang non-JR. Harganya murah lagi cuma 750yen aja seharinya. Kartu ini dijual di seluruh vending machine yang ada di JR station. Kenapa aku bilang sakti? Karena kartu ini mengcover jalur area wisata utama Tokyo seperti Asakusa, Shinjuku, Shibuya, Imperial Palace, Akihabara, Harajuku, Yoyogi. Jadi kartu ini AMAT SANGAT PRAKTIS DAN MURAH!!
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

16. JR TOKYO WIDE PASS
Kalo yang ini harganya emang mahal sih. Harganya 10.000 yen selama 3 hari. Memang mahal sih, cuma rute yang dicover lebih luas dibandingkan yang lainnya. Ini khusus buat kalian yang ingin keliling Tokyo sampai Kawaguchiko (danau nya gunung Fuji), Gawa Yuzawa, dll (lihat di peta yah, rute yang di cover mana aja). Ini salah satu alternatif kalo kalian mau jalan-jalan yang agak jauh tapi gak mau beli JR Pass. Pemakaiannya gak terbatas, bisa buat local, rapid, express, limited express dan shinkansen yang dioperasikan oleh JR East di dalam daerah Kanto.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

17. FUJIKYUKO BUS PASS
Ini adalah transportasi yang bisa kalian gunakan kalo kalian lagi mengelilingi daerah Gunung Fuji. Harganya 1.200 yen untuk dua hari. Kartu ini bisa kalian dapatkan di Stasiun Kawaguchiko. Dengan kartu ini kalian bisa naik bus sepuasnya buat mengelilingi Kawaguchiko, Taman Oishi, Museum Itchiku Kubota, pemandian air panas, dan masih banyak lagi. Jadi selain liat gunung Fuji, kalian juga bisa keliling sambil menikmati wisata yang disediakan di sekitar gunung Fuji. Ini termasuk baru loh. Tahun kemarin sewaktu gue nyari informasi transportasi di Gunung Fuji, kartu ini belum ada. Jadi beruntunglah kalian yang sekarang pengen ke Kawaguchiko dan sekitarnya, karena udah ada kartu ini. Jadi kalian bisa berhemat.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

18. ALPINE TAKAYAMA MATSUMOTO AREA TOURIST PASS
Jadi ini adalah cara hemat untuk menikmati TATEYAMA ALPINE ROUTE !!
Buat kalian yang pengen merasakan salju di Alpine, sekarang udah ada cara murahnya buat kesana. Alhamdulillah ya, sekarang Jepang semakin mengerti kebutuhan para traveller. Kalo dulu kan harus lewat Nagoya dulu. Sekarang udah gak usah lagi. Kartu pas ini cuma bisa dibeli sama turis yang non Japan Resident. Masa berlakunya 5 hari dengan harga 17.500 yen. Dengan kartu ini kalian bisa naik kereta JR antara Nagoya dan Toyama, atau antara Nagoya dan Shinano-Omachi, termasuk transportasi sepanjang jalur Tateyama Kurobe Alpine Route tanpa batas. TAPI kartu ini gak selalu dijual ya. Dijualnya cuma selama Alpine Route dibuka aja. Belinya bisa di seluruh agen tour di luar Jepang.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

19. HOKURIKU ARCH PASS
Kartu ini sebenernya sama kayak JR Pass, tapi harganya lebih murah dan cakupannya juga gak sebanyak JR Pass meskipun fungsinya sama. Harga untu Hokuriko Arch Pass ini 24.000 yen selama 7 hari. Bedanya dia dengan JR Pass adalah, Hokuriku Arch Pass ini hanya menghubungkan dan mengcover jalur Tokyo, Kyoto, Osaka melalui jalur utara (Hokuriku) melalui Nagano, Toyama, Kanazawa, Kyoto, Osaka termasuk bandara Kansai, Narita dan Haneda. Tapi untuk jalur selatan seperti Tokaido, Yokohama, Tokyo Disney dan Mountain Fuji tidak dicover sama kartu ini.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

20. JR PASS

Kalo ini adalah DEWANYA SEGALA TRANSPORTASI DI JEPANG yang harganya juga DEWA banget. JR PASS ini dibagi menjadi dua ada yang green dan ada yang ordinary. Bedanya adalah yang green itu untuk Supoerior Class-Green cars. Harganya juga beda-beda. Untuk yang green harganya adalah 38,880 yen/7 hari, 62,950 yen/14 hari, dan 81,870/21 hari. Sedangkan untuk yang ordinary harganya 29,110 yen/7 hari, 46,390 yen/14 hari, dan 59,350 yen/21 hari. Kartu ini akan sangat berguna banget kalo kalian mau berkeliling Jepang dari ujung ke ujung. Dengan kartu ini kalian bisa hemat banget kalo kalian mau mengelilingi banyak kota di Jepang. Tapi kalo kalian cuma mau ke Tokyo dan Gunung Fuji aja gak usah beli kartu ini ya, rugi bangeettttt. Kalo kalian dari Tokyo pengen ke Osaka/Kyoto atau sebaliknya kalian bisa sih beli kartu ini biar kalian bisa naik shinkansen, jadi kalian bisa nyampe ke kota tujuan dengan cepat. Tapi kalo ini dirasa kemahalan buat kalian, kalian bisa naik bus aja yang harganya cuma 5000 yen sekali jalan. Seperti yang gue bilang, kartu ini memang cocoknya untuk kalian yang ingin libura di berbagai kota di Jepang tapi cuma dengan menaiki JR aja yaa.
INFO LEBIH LANJUT KLIK DISINI YA.

Nah, ini dia kurang lebih beberapa pass atau tiket transportasi yang gue tau. Ada banyak banget kan pilihannya. Saran gue, pilihlah sesuai dengan kebutuhan kalian jangan asal membeli atau karena takut malah membeli yang mahal, padahal yang mahal tidak menjamin semua jalur bisa dinaiki. Cara termudah untuk mengetahui jenis pass atau tiket apa yang kita perlukan adalah dengan melihat kembali itinerary yang sudah disusun dengan begitu kita akan tau tiket seperti apa yang dibutuhkan.

Oh iya kalau misalnya ada tiket atau pass yang belum gue sebutin disini, kalian bisa tulis di kolom komentar ya. Mari kita budayakan saling berbagi.
Happy holidayyyy, dan konichiwaaaaaa ~
Share:

9 comments:

  1. Kalau dari narita ke pusat tokyo bisa pake pass apa sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa memakai hokuriku arch pass apabila perjalanan kakak juga mencakup kyoto dan osaka melalui jalur utara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tetapi kalau ingin lebih murah lagi bisa memakai bis The Access Narita yang harganya 1000 yen. Untuk jadwal keberangkatan bus dan info lebih lanjut bisa kunjungi website nya langsung di http://accessnarita.jp/id/home/

      Delete
  2. POKERSAKTI MENYEDIAKAN BONUS-BONUS YANG BEGITU MENARIK !!!

    1 Bonus 5.000 setiap hari
    2 Bonus 10% Untuk New Member
    3 Bonus Cashback 0.3% - 0.5%
    4 Bonus Referral 10% - 15%
    5 Bonus Lucky Spin
    6 Bonus Mystery Box

    Untuk Info Lebih Lanjut
    Silahkan Hubungi Kami Di :
    BBM : saktisby
    Line : pokersakti
    Whatsapp : +85587623268

    ReplyDelete
  3. POKERSAKTI MENYEDIAKAN BONUS-BONUS YANG BEGITU MENARIK !!!

    1 Bonus 5.000 setiap hari
    2 Bonus 10% Untuk New Member
    3 Bonus Cashback 0.3% - 0.5%
    4 Bonus Referral 10% - 15%
    5 Bonus Lucky Spin
    6 Bonus Mystery Box

    Untuk Info Lebih Lanjut
    Silahkan Hubungi Kami Di :
    BBM : saktisby
    Line : pokersakti
    Whatsapp : +85587623268

    ReplyDelete
  4. POKERSAKTI MENYEDIAKAN BONUS-BONUS YANG BEGITU MENARIK !!!

    1 Bonus 5.000 setiap hari
    2 Bonus 10% Untuk New Member
    3 Bonus Cashback 0.3% - 0.5%
    4 Bonus Referral 10% - 15%
    5 Bonus Lucky Spin
    6 Bonus Mystery Box

    Untuk Info Lebih Lanjut
    Silahkan Hubungi Kami Di :
    BBM : saktisby
    Line : pokersakti
    Whatsapp : +85587623268

    ReplyDelete
  5. BAGI BAGI ANGPAO GRATIS !!!3MPOKER Menyediakan Kejutan Meriah Special di hari raya Imlek 2019 !
    * PROMO BISA DI DAPAT KAN BERKALI KALI! TIDAK HANYA SEKALI SAJA !
    * PROMO TANPA MINIMAL DEPOSIT
    * PROMO TANPA MINIMAL TURNOVER
    Event berlaku dari tanggal 5 February 2019 - 19 February 2019

    Caranya cukup mudah untuk mendapatkan bonus Angpao Gratis !! Hanya cukup melakukan login dan bermain saja!

    Gabung sekarang bersama kami di 3MPoker dan dapatkan bonus lebihnya yang sangat menguntungkan !!

    Link alternatif
    209.97.168.74
    3MPOKERS .COM
    3MPOKER .ONLINE

    Info lebih lanjut kunjungi
    Livechat : WWW. 3MPOKER, ONLINE
    WA : +85592140862
    Line : cs_3mpoker
    BBM : D8A18181

    Daftarkan Sekarang Juga !!

    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini


    Daftar Disini

    ReplyDelete
  6. 3MPOKER Menyediakan Bonus 5.000 setiap hari dengan minimal deposit 50.000 SEUMUR HIDUP !!!

    Link alternatif
    209.97.168.74
    3MPOKERS .COM
    3MPOKER .ONLINE

    Info lebih lanjut kunjungi
    Livechat : WWW. 3MPOKER, ONLINE
    WA : +85592140862
    Line : cs_3mpoker
    BBM : D8A18181

    ReplyDelete
  7. 3MPOKER Menyediakan Bonus 5.000 setiap hari dengan minimal deposit 50.000 SEUMUR HIDUP !!!

    Link alternatif
    209.97.168.74
    3MPOKERS .COM
    3MPOKER .ONLINE

    Info lebih lanjut kunjungi
    Livechat : WWW. 3MPOKER, ONLINE
    WA : +85592140862
    Line : cs_3mpoker
    BBM : D8A18181

    ReplyDelete